Spiga

13 cara monitized blog Bahasa Indonesia

Salah satu pertanyaan yang paling sering saya dapatkan adalah: "Mau dapet uang dari blog? Blog bahasa saya tidak bisa dapet dollar?"

Pertanyaan pertama agak panjang jawabannya. Ada banyak cara untuk mendapatkan uang melalui aktivitas blogging. Tentu saja dengan sah dan benar. Beberapa artikel Blogguebo barangkali bisa menjadi awal untuk mempelajari bagaimana cara mencuci uang melalui blog Anda. Silakan buka arsip lama membuka-Tips Blog monetisasi dan monetisasi Seri Blog Anda.

Pertanyaan kedua adalah jawaban singkat: bisa.

Ya, Anda bisa mendapatkan uang (baik dollar dan rupiah) dengan blog di Indonesia.

13 Berikut ini adalah Mendulang Uang Dengan Blog Bahasa Indonesia yang mungkin Anda dapat mempertimbangkan.

1. Menampilkan Iklan PPC (Pay-Per-Klik) Domestik
Saat ini terdapat sedikitnya 4 bisnis PPC domestik di Indonesia, yaitu KlikSaya.com, KumpulBlogger, PPCIndo dan IndoFad. Penerbit dengan program-program PPC domestik, Anda dapat menampilkan iklan di India dan mendapat komisi (dari dolar) jika iklan-klik pengunjung ke blog Anda. Anda dapat menggunakan link di bawah ini jika Anda ingin mendaftar program-program PPC domestik adalah (jangan khawatir, tidak ada link affiliasi saya di link).

Klik di sini untuk mendaftar Adsensecamp.com Adsensecamp.com
Klik di sini untuk mendaftar KumpulBlogger KumpulBlogger
Klik di sini untuk mendaftar PPCIndo
Klik di sini untuk mendaftar atau IndoFad kliksaya.com kliksaya.com


2. Menampilkan Iklan PPC Asing (hanya yang berbasis CPM)
Opsi kedua adalah menampilkan iklan PPC asing yang berbasis impresi. Dengan menampilkan iklan PPC berbasis impresi di blog Anda (ya, blog bisa berbahasa Indonesia), Anda akan mendapat komisi berdasarkan jumlah penayangan iklan yang dilihat oleh pengunjung Anda (bukan berdasarkan klik pengunjung). Semakin banyak pengunjung ke blog Anda, tentu saja lebih besar tayangan iklan yang Anda dapatkan. Atau program PPC asing berbasis CPM kesan anda bisa mendapatkan informasi melalui link ini AdTalks.com.

3. Menampilkan Banner Program afiliasi Asing
Ada banyak program afiliasi yang dapat Anda ikuti. Untuk informasi lebih lanjut, silakan pergi ke blog Anda monetisasi: (3) Program Paid-to-Affiliate. Meskipun bukan cara terbaik, menampilkan banner berukuran 125x125 afiliasi di bagian Sponsor blog Anda bisa menjadi pilihan monetisasi blog Indonesia. Jika pengunjung blog Anda melakukan pembelian melalui banner link afiliasi, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.

4. Menampilkan banner program afiliasi Domestik
Selain program afiliasi luar negeri, program ini juga memiliki banyak program afiliasi domestik yang dapat Anda manfaatkan sebagai sarana monetisasi blog Anda. Dengan cara yang sama - menampilkan banner link affiliasi domestik - Anda memiliki kesempatan untuk mencuci uang melalui blog Anda. Beberapa manajer web hosting lokal memiliki program afiliasi yang dapat Anda ikuti dan promosikan di blog Anda.

5. Menulis Review Produk afiliasi (teks dengan afiliasi link)
Salah satu cara untuk menjalankan program afiliasi (baik asing dan domestik) yang paling efektif adalah dengan menulis review tentang produk afiliasi yang Anda ingin mempromosikan blog Anda. Akan lebih baik jika Anda sudah menggunakan dan manfaat produk yang Anda promosikan. Amazon.com afiliasi program dan Komisi Junction memiliki banyak produk yang dapat Anda periksa. Memilih produk niche dan sesuai dengan kebutuhan pembaca blog Anda, tulis reviewnya dan jika pembaca blog Anda untuk membeli produk yang Anda rekomendasikan, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.

6. Mengikuti Program Paid Review
Program paid review adalah cara lain monetisasi blog Indonesia. Seperti namanya, sebagai publisher program ini Anda diminta untuk menulis review produk atau layanan (dalam bahasa Inggris) dan akan menerima komisi pada review yang Anda tulis di blog Anda. Ya, blog bahasa Indonesia (untuk beberapa program seperti paid review SponsoredReviews.com, ReviewMe, Blogsvertise, BuyBlogReviews.com) juga dapat mendaftar sebagai publisher program paid review. Bahkan jika blog Anda memiliki link ranking, Alexa, Technorati dan PR (Page Rank) yang cukup tinggi, Anda mungkin tidak mendapatkan komisi yang akan cukup besar untuk memeriksa artikel. Saat ini Anda juga bisa mendaftar program paid review lokal pertama di Indonesia, ReviewMu.com. Untuk informasi program paid review kemudian klik monetisasi Blog Anda: (1) Program Paid-to-Review.

7. Menampilkan Google Adsense untuk Pencarian
Kendala di Indonesia blog untuk menampilkan program Google AdSense adalah larangan Terms and Services Adsense untuk menampilkan Unit Ads, Link Ads serta Referral Ads di samping bahasa Inggris blog. Namun, Anda masih bisa menampilkan unit Adsense for Search di blog Anda. Menggunakan Google Custom Search Engine (seperti yang ada di blog ini) untuk mendapatkan hasil pencarian sesuai kata kunci dan alamat situs yang Anda inginkan. Silakan juga baca Seri Tutorial Panduan Mendaftar Google Adsense.

Klik di sini untuk mendaftar ke Google Adsense.

8. Beli Link Teks Iklan
Pilihan monetisasi blog Indonesia yang lain adalah dengan menjual link di blog Anda. Dengan link, Anda lakukan adalah menyediakan spot text link situs yang ingin beriklan dan mendapatkan kembali link dari blog Anda. Semakin tinggi link ranking, Alexa, Technorati dan PR blog Anda, semakin mahal harga link yang dapat Anda tawarkan. Saat ini, banyak link teks iklan program yang dapat Anda ikuti. Beberapa diantaranya adalah Text-Link-Ads.com, TNX.net, LinkWorth.com dan TextLinkBrokers.com.

9. Menjual spot iklan Mandiri
Menjual spot iklan secara langsung kepada mereka yang tertarik dengan iklan blog Anda adalah pilihan monetisasi blog di Indonesia saat ini bahkan lebih popular. Walaupun saya seperti ini memerlukan strategi khusus (misalnya bagaimana cara mendapatkan pemasang iklan), namun jika niche blog Anda cukup menarik dengan pengunjung yang cukup banyak, pendapatan iklan mandiri tidak bisa dibilang kecil.

10. Layanan untuk menjual keahlian Anda
Jika Anda memiliki keahlian tertentu (misalnya web design, web programming, logo design, copy writing, atau bahkan keterampilan-keterampilan seperti memasak, menulis, menerjemahkan), tidak ada satu untuk mempromosikan keahlian Anda melalui blog Anda. Selain sebagai pribadi ruang kosong ide dan menulis, blog Anda juga dapat berfungsi sebagai alat public relation yang cukup efektif untuk memperkenalkan keahlian Anda. Jadi silahkan mencari keahlian yang dapat menjual sekitar Anda melalui blog Anda.

11. Digital menjual Produk Anda sendiri bekerja
Saat ini menulis dan e-book bukan merupakan sesuatu yang sulit. Jika Anda memiliki keahlian khusus yang dapat Anda jual, menuliskannya menjadi sebuah e-book dan mempromosikannya melalui blog Anda adalah pilihan cemerlang. Di samping keuntungan penjualan e-book, melalui blog yang sama Anda juga dapat mengembangkan sistem affiliasi sehingga pengunjung blog Anda bisa mempromosikan kembali e-book Anda dengan memberikan balasan.

12. Pekerjaan fisik untuk menjual produk anda sendiri
Selain produk digital seperti e-book, produk-produk fisik (misalnya kaos, cenderamata, kado / hadiah ulang tahun, bahkan kue ulang tahun), Anda juga dapat menggunakan mempromosikan blog Anda. Jika saat ini Anda memiliki bisnis offline, tidak ada seorangpun yang mencoba menjangkau pasar yang lebih luas dengan promosi secara online melalui blog Anda.

13. Menjadi Broker / Broker Layanan Lainnya
Menjadi perantara atau broker jasa orang lain juga dapat menjadi pilihan monetisasi blog Anda. Saja misalnya, terjadi jika Anda tinggal di daerah wisata (Bali atau Yogyakarta, misalnya), Anda dapat menawarkan kerjasama dengan biro perjalanan atau hotel kecil sekelas Melati untuk mempromosikan jasa mereka melalui blog Anda dengan pertukaran komisi tertentu. Akan lebih baik jika niche blog Anda sesuai dengan layanan yang ingin Anda promosikan. Jika blog Anda pengunjung ke hotel atau biro jasa perjalanan, Anda mendapatkan komisi dalam jumlah tertentu.


Well, sebenarnya ada banyak cara monetisasi blog di Indonesia bukan? Jadi tidak ada alasan untuk berkecil hati dan beralasan bahwa Anda tidak dapat mencuci uang melalui blog Anda hanya karena blog Anda Indonesia

0 comments: